Belajar Dari Negara Jepang tentang pipa mampet

Belajar Dari Negara Jepang tentang pipa mampet

 Ketika berkunjung ke Jepang, satu hal yang terasa berbeda dengan Indonesia saat ini adalah kebersihannya. Jalanan bersih, tempat-tempat umum bersih, kendaraan umum bersih, bahkan toiletnya pun bersih. Jika Indonesia bersih seperti di Jepang, alahkah indahnya dan nyamannya tinggal di negara tercinta ini. Seperti kata peribahasa yang terkenal di Indonesia, yang sering digemakan di sekolah dulu, kebersihan adalah sebagian dari iman dan bersih pangkal sehat.

Berikut adalah kebiasaan yang dilakukan orang Jepang:

  1. Orang-orang Jepang menjaga kebersihan fasilitas umum dengan membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya ini sudah membudaya. Budaya membuang sampah ini bahkan lebih baik dari Indonesia, misalnya dengan membuka kemasan barang yang dikonsumsi dan menjadikannya pipih sebelum dibuang ke dalam tong sampah. Selain itu, pemilahan sampah telah berjalan sangat baik di Jepang. Penggunaan barang kembali (Reduce, Reuse, Recycle) juga gencar dilakukan di Jepang dari toko-toko, produsen barang, hingga perusahaan-perusahaan besar.
  2. Petugas kebersihan yang dihargai dan profesional. Jasa kebersihan adalah pekerjaan profesional di Jepang. Mungkin ada beberapa orang yang memandang bahwa petugas kebersihan adalah pekerjaan kasar yang hina, namun di Jepang petugas kebersihan mendapatkan pendapatan yang layak. Bahkan jasa kebersihan ini berani membeli alat-alat canggih untuk membersihkan tempat-tempat yang sulit. Di rumah-rumah, alat-alat kebersihan elektronik seperti vacuum cleaner, drain cleaner dsb biasa ada di rumah/apartemen. Drain clener adalah alat untuk membersihkan saluran WC dengan memasukkan kabel yang di ujungnya ada bor untuk menghancurkan sumbatan di saluran WC atau drainase.
  3. Orang-orang Jepang dilarang mencoret-coret dinding dan ada sanksi tegas bila melanggar.
  4. Beberapa orang Jepang memiliki kebiasaan higienis yang bahkan lebih serius seperti menyemprotkan anti bakteri pada berbagai barang, mencuci tangan sangat sering dsb.
  5. Meludah sembarang adalah hal yang dilarang dan menjijikan di Jepang, berbeda dengan beberapa fasilitas dan angkutan umum di Indonesia yang bahkan meludah di dalam kereta listrik atau KRL.
  6. Makan atau minum di dalam kendaraan umum adalah hal yang dilarang. Bila memang butuh makan dan minum, mereka turun di stasiun terdekat dan naik kembali bila sudah selesai makan dan minum. Kendaraan umumnya juga cepat, tepat waktu dan nyaman.
  7. Anak-anak diajar untuk mencintai kebersihan dan menjaga kebersihan dengan piket bergilir dan menyiapkan makan siang bersama. Anak-anak di Jepang sejak dini telah diajarkan untuk mempraktekkan kebersihan di kehidupan sehari-hari lebih dari sekedar teori.

Anak-anak di Jepang Membersihkan Toilet (sumber: kompas.com)

Jasa saluran mampet Jabodetabek kapan saja dipanggil kami siap datang segera : 0811 976 5555

urionir anak jepang melancarkan saluran mampet

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *